Selasa, 02 Agustus 2016

Gitar

Tips memilih gitar




Siapa ga tahu yang namanya gitar, alat musik yang suka dimainkan kebanyakan orang. Sekarang gua akan kasih tips ke kalian semua, gimana caranya milih gitar yang bagus. Kalian yang mau beli gitar pasti bingung mana yang harus dipilih. Nah dibawah ini ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan dalam memilih gitar.
Pertama yang harus kalian lakukan adalah datang langsung ke toko alat musik sob, pilah-pilih menurut bentuk dan warna yang kalian suka. Saat kalian udah nemu gitar yang kalian suka, maka mintalah untuk mencobanya untuk mendengar kualitas dari suara gitar tersebut. 
Tapi sebelum mencoba, kalian jangan lupa gitarnya minta di-tune atau di-stem dahulu, karena biasanya gitar yang dipajang dalam kondisi kendor senar-senarnya. Setelah itu ikuti langkah-langkah yang gua tulis dibawah ini.

1. Fretboard


Fret adalah garis-gari bar yang ada pada neck gitar. Letak fret sangat berpengaruh pada ketepatan pitch (tinggi rendahnya nada). Jika fret geser sedikit saja maka suara yang dihasilkan akan falls atau sumbang. Apalagi gitar-gitar dengan harga murah yang biasanya dibuat secara masal, maka kalian patut curiga bahwa ada satu produk yang gagal sob. Untuk itu kalian harus jeli memilih ya, jangan sampai kalian ketimpa sial mendapatkan produk yang gagal itu. Tetapi jangan cepat mengambil keputusan bahwa yang mahal juga bagus, karena ada juga yang mahal tapi ga begitu bagus. Untuk itu, cobalah dulu sebelum membeli ya sob. 
Cara mencobanya yaitu dengan metode yang sederhana. Coba mainkan barre chord dari nada F. Dengarkan apakah ada yang falls atau tidak. Lalu lanjut ke F#, dengarkan lagi ada yang falls atau tidak. Kemudian ke G, dan begitu seterusnya sampai fret ujung. Disinilah kalian harus jeli, karena fret-fret diujung ini letaknya saling berdekatan jadi meleset sedikit saja akan fatal akibatnya. 

2. Kayu dan bahan untuk gitar

Gak gampang mengetahui bagus atau tidaknya sebuah kayu. Apalagi gitar-gitar pabrikan sudah dicat warna-warni dengan tebal. Tapi biasanya dalam katalog tertulis bahan kayu yang digunakan. Berikut adalah karakter-karakter untuk kayu tersebut:

Kayu untuk body: paling sering dan paling banyak kayu yang digunakan untuk body gitar adalah kayu jenis mahony. Karena kayu ini memiliki karakter sound yang bright dan attack yang kuat dan tajam.

Kayu untuk neck: pada umumnya bahan untuk neck menggunakan maple, karena selama ini yang dianggap bagus untuk neck adalah maple karena kekuatan dan kelenturannya.

Kayu untuk fingerboard: biasanya kayu yang umum digunakan unuk fingerboard adalah kayu eboni. Karena karakternya yang bright.

3. Pick up dan wiring



Pick up bertugas untuk mengubah getaran suara menjadi signal elektrik. Pada dasarnya ada dua jenis pick up, yaitu single coil dan hambucker atau double coil. Single coil memproduksi suara yang cenderung tipis. Sementara double coil menghasilkan suara yang tebal dengan distorsi yang berat.

4. Penampilan
Untuk masalah ini itu tergantung selera kalian, gua ga bisa ngasih saran apa-apa sob. Tapi gua kasih pendapat ja ya, pilih bentuk gitar sesuai dengan jenis dan aliran musik yang akan kalian bawakan atau kalian suka. Karena bentuk gitar akan mempengaruhi suara atau nada yang dihasilkan. Jadi selamat memilih gitar kesayangan kalian sob. 

Tidak ada komentar: