Senin, 13 Maret 2017

Jojogan WonderHill

Like world like clean


Alam merupakan suatu anugrah yang diberikan kepada manusia. Alam menyimpan banyak manfaat. Untuk itu-lah kita patut menjaga dan melestarikannya sob. Karena dengan menjaga alam, maka kita bisa menikmati keindahan yang tersembunyi di dalamnya. Kurang lebih begitu-lah kata-kata bijaknya sob.
Sekarang gua mau cerita nih perjalanan ke salah satu tempat wisata di kampung kelahiran gua sob. Desa Cintaratu namanya, sebuah desa yang berada di pangandaran. Waktu tempuh dari pangandaran ke lokasi hanya satu jam dan kalian gak perlu khawatir kesasar, karena sekarang udah banyak plang penunjuk arahnya sob. Akses jalan pun gak begitu ekstrem sob, asal hati-hati ya, terdapat jalan yang rusak parah.












Jojogan dibuka tahun 2015, dahulu jojogan hanya sebuah aliran sungai dan gua yang sering di gunakan sebagai tempat memancing oleh warga sekitar. Setelah pangandaran berdiri menjadi daerah otonom dan menjadi kabupaten, maka bermunculan lokasi wisata yang baru termasuk jojogan. Karena menurut warga, jika membuka lokasi wisata maka diharapkan bisa menambah pundi-pundi ekonomi mereka.


Gua sih akui masih banyak fasilitas yang belum memadai, seperti warung makan yang masih sedikit dan penginapan yang kebanyakan berada di pangandaran dan itu jaraknya lumayan jauh sob. Untuk itu, kalau kalian akan ngetrip ke jojogan gua saranin kalian bawa kendaraan sendiri atau kalian bisa gunain jasa penyewaan kendaraan yang banyak tersebar di pangandara. Karena untuk sampai ke lokasi ga ada kendaraan umum sob. Gua juga saranin buat yang baru pertama kali traveling ke pangandaran, walaupun sudah banyak plang penunjuk arah tapi jangan pernah malu untuk bertanya, karena pepatah mengatakan bahwa "bertanya-tanya dahulu, biar ga kesasar kemudian" hahaha salah ya sob, harusnya "malu bertanya, sesat dijalan".


"Keindahan dunia hanya terpancar dari mata penuh arti dan setiap saat kita hanya bisa menatap dunia yang kosong tanpa isi, dan ini lah jawaban semua, mahakarya Tuhan yang begitu indah"



Oke, sudah basa-basinya. Sekarang kita lanjut ngomongin lokasi ngetrip kita sob. Jojogan itu sungai yang alirannya ga begitu deras, selain sungai ada juga gua dan air terjun yang ga begitu ekstrim dan bisa dinikmati oleh semua kalangan baik yang muda maupun yang tua, asal hati-hati ya hehe.


Pokoknya safety first sob,  dan gunakan selalu safety guard seperti pelampung dan ban juga pakaian tentunya, inget berenangnya pake pakaian loh sob, hahaha.





Jalan menuju lokasi sudah di cor dan bagus, fasilitas di lokasi pun sudah mulai lengkap seperti parkiran motor dan mobil, warung kelontongan dan warung makan. Jadi kalian ga perlu takut kelaparan atau kehausan sob. Tapi kalian harus siap-siap fisik yang sehat buat turun ke spot-spot rafting ya, karena jalan lumayan jauh dari parkiran. Ada 230 lebih anak tangga yang menuju ke spot rafting, jadi gua saranin kalian bawa air minum ya.





Sekarang kita bahas tiket masuk sob, tiket masuk ke lokasi Rp. 10.000,- / orang hanya untuk berenang saja tanpa pemandu. Tiket Rp. 75.000,- / orang untuk rafting dengan jalur yang sudah ditentukan oleh pemandu. Tiket Rp. 100.000,- / orang untuk rafting dengan jalur dan trak yang jauh, yang paling seru jika kalian ngambil paket tiket ini adalah kalian bisa merasakan naik mobil offroad jenis hardtop menuju trak awal untuk rafting.


Untuk pemesanan dan info lebih lanjut silahkan menghubungi contact person langsung guide jojogan Kusmawan di 081222801711, Atau Andri di 081310378305

Salam #backpakology

Tidak ada komentar: